site
stats

Ciri-Ciri Aki Mobil Perlu Segera Diganti

Aki mobil adalah salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobil. Tanpa aki, mobil kita tidak akan dapat menyala karena aki merupakan penyuplai daya listrik untuk semua sistem kelistrikan pada mobil, Kinerja peralatan elektronik dalam mobil seperti lampu, klakson dalam mobil juga tidak dapat bekerja dengan baik tanpa adanya aki. Karena itu sangatlah penting bagi kita untuk selalu menjaga dan merawat aki agar suplai listrik ke seluruh komponen mobil berjalan normal.

aki juga memiliki umur pemakaian. Umur pemakaian aki rata-rata adalah 2 tahun pemakaian atau 50.000 km jarak tempuh, namun bisa saja kurang atau bahkan lebih dari usia rata-rata tersebut. Tentunya tergantung bagaimana cara kita merawat aki tersebut. Walaupun demikian, usia pemakaian tidak selalu dapat dijadikan acuan untuk mengetahui apakah aki mobil perlu diganti. Karena ada beberapa ciri-ciri yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil sebagai acuan untuk segera mengganti aki mobil, Apa saja ciri-cirinya?

Mesin Tidak Kuat Menyala Saat Di Starter

Biasanya setelah beberapa hari mobil anda tidak digumakan atau dihidupkan, maka nanti ketika di starter mesin akan sulit hidup atau perlu berulang-ulang kali distarter baru mobil dapat menyala, ini merupakan tanda kalau aki mobil sudah lemah atau bermasalah.

Air Pada Aki Berwarna Keruh

Air pada aki akan terlihat keruh, hal ini terjadi karena lamanya pemakaian dan kotoran-kotoran pada air aki ini akan menumpuk selama berbulan-bulan sehingga membuat air aki memiliki warna agak yang keruh.

Saat Mesin Menyala, Aki Mengeluarkan Bau Menyengat

Bau yang dikeluarkan aki saat mesin dihidupkan berasal dari sel-sel aki yang sudah rusak, sehingga saat mobil anda dihidupkan air aki akan terlihat seperti air yang mendidih, itu berarti kondisi aki sudah tidak layak.

Sistem Kelistrikan Tidak Normal

Hal ini dapat dideteksi dari lampu mobil tampak redup pencahayaan-nya, suara klakson kurang keras, mobil susah menyala ketika di starter dan lainnya.

Tegangan Aki Kurang Dari 10 Volt

Ketika mencoba untuk mencharger aki dan kemudian mengetes aki anda dengan menggunakan tester namun tegangan yang ada hanya sampai 10 volt, dapat dipastikan aki sudah lemah karena dengan tegangan-nya hanya tidak lebih dari 10 volt dan dengan tegangan segitu maka aki tidak akan mampu untuk menghidupkan mobil.

 

Nah jika aki mobil anda sudah menunjukkan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan, itu berarti anda harus segera mengganti aki mobil anda dengan yang baru. Apabila anda telat mengganti, akan dapat mengganggu sistem kelistrikan mobil yang dapat mengakibatkan rusaknya komponen-komponen yang berkaitan, karena listrik yang dialirkan tidak stabil. Dan yang paling parah resiko mobil mati mendadak dapat terjadi kapan saja.

 

 

Leave a Reply

  

  

  

Daihatsu Tabanan, Jalan Dokter Ir. Soekarno, Dauh Peken, Tabanan Regency, Bali, Indonesia.

085100522477
087757924477
info@balidaihatsu.com