site
stats

Cara Mudah Menghilangkan Baret Mobil Tanpa Perlu Di Bawa Ke Bengkel.

Istilah baret pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda yang memiliki mobil. Baretan atau lebih dikenal dengan istilah lecet pada mobil memang sering sekali dijumpai. Baret ini biasanya lebih terlihat jelas pada mobil berwarna hitam. Baret pada mobil diakibatkan oleh goresan besi, menabrak tembok, cakaran, bahkan ketika parkir. Namun, kasus yang paling sering terjadi memang ketika hendak memarkirkan mobil.

Bersenggolan mobil anda dengan mobil milik orang tentu akan meninggalkan baret/goresan. Baret ini tentunya akan membuat tampilan mobil anda kurang enak untuk dilihat dan juga dapat menurunkan nilai jual mobil tersebut. Jika ingin memoles bagian yang baret, tentu akan memakan biaya yang mahal.

Lantas bagaimana cara agar menghilangkan baret di mobil tanpa memerlukan biaya yang banyak? yuk simak caranya di bawah ini.

Memastikan Goresan Tersebut

Terkadang goresan yang ada pada mobil bukanlah benar benar goresan, tetapi hanya berupa tonjolan, debu, atau garis tipis akibat coretan pensil. Sebaiknya pastikan dulu tipe goresan seperti apa yang menempel pada mobil anda. Pastikan jika goresan di mobil anda adalah goresan yang ringan atau sedang, karena jika goresannya cukup parah maka akan sangat susah untuk kita perbaiki.

Menentukan Kedalaman Baret

Setelah memastikan kalau goresan tersebut merupakan goresan sungguhan, cari tahu berapa kedalaman dari goresan tersebut. Ada 3 tipe goresan pada mobil, yaitu :

  • Goresan ringan, Yaitu tipe goresan yang sama sekali tidak merusak komponen cat mobil. Goresan ini biasanya disebabkan karena goresan kuku atau goresan ujung tas. Cara menghilangkan goresan ringan juga cukup mudah, yaitu menggunakan kompon, wax, swril remover, dan stratch remover. Gunakan bahan pemoles dengan kain kering, lalu lap bodi mobil hingga goresan tersebut hilang.
  • Goresan sedang, Merupakan tipe goresan yang sudah melukai lapisan dasar cat mobil. Hal ini biasanya terjadi karena tergores benda-benda tajam, seperti besi, paku, gunting, dan pisau. Untuk menghilangkan goresan, Anda bisa melap permukaan mobil secara keseluruhan, setelah itu oleskan grease remover atau wax. Lalu, Anda dapat mengecat ulang mobil tersebut sampai catnya benar-benar utuh seperti semula.
  • Goresan besar, Merupakan tipe goresan yang sudah menembus lapisan dasar cat mobil. Goresan ini tentunya terlihat sangat jelas dan mengganggu penampilan mobil anda. Cara untuk menghilangan goresan ini yaitu dengan mengecat kembali bodi mobil secara keseluruhan. Namun, Anda perlu mengamplas mobil ini berulang kali untuk mengurangi kedalaman goresan. Lalu, ambil kain kering dan semprotkan thiner berkualitas secukupnya. Kalau Anda tidak mahir dalam hal ini, langsung bawa mobil ke bengkel terdekat.

Mengoleskan Kompon

Selanjutnya oleskan kompon poles ke bagian yang mengalami goresan. Oleskan kompon secara perlahan dan juga berulang-ulang sampai goresan pada mobilmu benar-benar hilang.

Cuci Dengan Air Bagian Yang Telah Di Poles

Setelah memastikan goresan hilang dengan bantuan kompon, bersihkan sisa kompon dengan air. Cucilah mobil Anda dengan bersih, terutama bagian yang terkena kompon. Jangan lupa untuk memperhatikan celah-celah mobil yang terkena kompon, lalu bersihkan. Gunakan sikat gigi atau brush kecil untuk membersihkan celah-celah mobil.

Lakukan Secara Berulang – Ulang

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Lakukan cara diatas secara berulang. Minimal lakukan cara tersebut hingga 2 atau 3 kali.

Polesan bisa dikatakan sempurna jika ditandai dengan adanya tolakan terhadap air. Cobalah siram menggunakan air bagian yang sudah dipoles, jika tidak ada air yang terserap berarti hasil polesan sudah bagus.

Menggunakan Obat Nyamuk Cair

Apa benar obat nyamuk dapat menghilangkan baret? Tentu saja! Obat nyamuk ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil anda. Cobalah terlebih dahulu cara alternatif ini terlebih dahulu. Cara ini juga termasuk cara paling ampuh dan murah. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, antara lain :

  • Belilah obat nyamuk botol atau sachet yang ada.
  • Siapkan kanebo kering. Pastikan kanebo benar-benar kering. Jangan pernah menggunakan kanebo yang masih basah. Mengapa? Karena kandungan air di kanebo basah dapat menghilangkan cairan obat nyamuk anda.
  • Tuangkan obat nyamuk pada kanebo yang kering. Setelah itu, oleskan pada bagian yang terkena goresan. Oleskan obat nyamuk secara melingkar dan merata pada seluruh bagian yang berbaret.
  • Setelah mengoleskan, tunggu hingga 15 – 20 detik. Selanjutnya, Anda dapat membersihkannya dengan air. Lalu keringkan lagi dengan menggunakan kanebo kering yang baru. Lakukan hal ini secara berulang untuk hasil maksimal.

 

Nah itu dia cara mudah menghilangkan baret mobil tanpa perlu di bawa ke bengkel, semoga cara tersebut bisa membantu untuk menghilangkan baret di mobil anda tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya lagi. Selamat mencoba

Leave a Reply

  

  

  

Daihatsu Tabanan, Jalan Dokter Ir. Soekarno, Dauh Peken, Tabanan Regency, Bali, Indonesia.

085100522477
087757924477
info@balidaihatsu.com