site
stats

Aki Cepat Soak? Ini Tips Yang Tepat Untuk Perawatan Aki Mobil Anda

Aki mobil adalah salah satu komponen terpenting yang ada di dalam mobil. Fungsi utama dari aki yaitu untuk menyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil lain nya seperti starter, lampu, dan lain nya. Namun masih banyak pengendara yang kurang memperdulikan dan mengabaikan kondisi aki nya begitu saja.

Padahal aki juga memerlukan perawatan agar kondisi aki mobil kita tidak cepat soak dan tentunya akan bertahan lama agar kita merasa nyaman dalam berkendara. Lalu apa yang harus kita lakukan agar bisa menjaga perawatan aki supaya tidak mudah soak?

Berikut adalah beberapa tips yang harus lakukan dalam perawatan aki mobil agar tidak cepat soak.

Membersihkan Aki Secara Berkala

Salah satu cara agar dapat menjaga kondisi aki adalah dengan membersihkan aki secara berkala, Terutama di bagian terminal aki. Pastikan agar terminal aki tidak tertutup oleh kotoran atau debu yang dapat menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi tersumbat.

Memanaskan Mobil Secara Berkala

Memanaskan mobil anda secara berkala juga dapat membantu perawatan aki agar tidak cepat soak.

Mobil yang jarang atau tidak pernah di panaskan akan berdampak buruk bagi kondisi aki karena pada dasarnya semua aki mobil akan mengalami self discharge karena kapasitas aki akan berkurang walaupun mobil tidak di gunakan. Jadi walaupun mobil kita tidak di gunakan untuk bepergian tetap jangan lupa untuk memanaskan mobil secara berkala agar menjaga kondisi aki supaya tidak soak. Dalam memanaskan kendaraan anda hanya membutuhkan waktu selama 15 menit – 20 menit setiap hari nya.

Lepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan

Ketika mobil anda akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama maka sebaiknya lepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. ini bertujuan agar menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika terus dibiarkan maka akan berdampak pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak.

Memeriksa Sistem Pengisian Aki

Cek sistem pengisian aki mobil setiap Anda akan berkendara, cara nya cukup mudah yaitu dengan cara melihat indikator baterai pada dashboard mobil.Jika mesin mobil hidup lalu lampu indikator baterai juga menyala, itu berarti pengisiannya tidak berjalan dengan baik.

Sebaliknya jika kunci dalam keadaan on dan mesin mati maka baterai akan menyala dan apabila menghidupkan mesin kendaraan maka gambar baterai pada aki mobil akan mati, maka itu berarti pengisiannya berjalan dengan normal.

Memeriksa Kualitas Aki

untuk mengecek kualitas aki mobil yang anda gunakan maka anda bisa menggunakan alat yang bernama batteray load tester. Apabila anda sudah menggunakan alat ini untuk mengetes aki anda maka kualitas aki anda bisa terlihat apakah aki masih baik atau sudah tidak layak.

Nah itu dia beberapa tips perawatan untuk menjaga kondisi aki mobil agar tidak mudah soak, tips ini jangan lupa untuk di lakukan ya agar aki yang kalian gunakan lebih awet. Semoga Bermanfaat.

* Untuk service berkala dan perawatan aki mobil Daihatsu kesayangan anda, untuk daerah Tabanan bisa mengunjungi bengkel resmi Astra Daihatsu Tabanan, Mufi 085100522477

Leave a Reply

  

  

  

Daihatsu Tabanan, Jalan Dokter Ir. Soekarno, Dauh Peken, Tabanan Regency, Bali, Indonesia.

085100522477
087757924477
info@balidaihatsu.com